Pemerintah Daerah Diminta Cegah Massa Ikut “Aksi 299” di Jakarta

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri mengingatkan pemerintah daerah untuk mencegah pengerahan massa mengikuti “Aksi 299” yang akan digelar di Jakarta pada 29 September 2017 medatang.
Demikian ditegaskan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Soedarmo di Auditorium Kantor Gubernur Sumatra Barat, Selasa (26/9/2017) malam.
Menurut Soedarmo, pemerintah daerah dan aparat kepolisian harus mampu melakukan pendekatan terhadap kelompok-kelompok ormas di daerah agar tidak terpancing ikut aksi yang akan digelar di halaman gedung DPR/MPR nanti.
Soedarmo mengatakan, selain mengganggu stabilitas keamanan di DKI Jakarta, aksi tersebut juga memiliki motif politik dan tidak murni dakwah.

“Bukan sekali lagi memperjuangkan terkait agama, namun sudah mengarah ke kegiatan politik yang implikasinya untuk kritisi kebijakan pemerintah saat ini,” ujarnya seperti dikutip Puspen Kemendagri.
Soedarmo menjelaskan, menjelang tahun 2018 atmosfer politik akan semakin menghangat yang bukan tidak mungkin akan memunculkan konflik. Karena itu, dia meminta para kepala daerah agar lebih peka terhadap berbagai gejolak yang muncul di daerah.
“Nah (aksi 299) motivasinya apa. Saya kira perlu pengendalian di daerah. Ini sudah mulai tahun politik. Yang disampaikan ini kan hawanya hawa-hawa politik semua,” pungkasnya.

sumber : zonalima.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *